Pages

Wednesday, October 29, 2014

Transformasi Diri

Asyik juga baca biografi Sandiaga Uno, ia seorang anak karyawan perusahaan perminyakan dan pakar kepribadian (Mien Uno). Terlahir dari keluarga bukan usahawan, ia cenderung mengikuti apa yang dilakukan kedua ortunya. Menjadi karyawan adalah pilihan hidupnya saat menyelesaikan pendidikan tinggi dan berhasil diterima di perusahaan otomotif terbesar di tanah air. Ia meniti karier dan berhasil mendapat kepercayaan di perusahaan tersebut. Atas keberhasilannya dalam mengemban tugas yang diberikan maka ia mendapat kepercayaan untuk melanjutkan pendidikan master degree di perguruan tinggi luar negeri atas biaya perusahaan.

Selepas menyelesaikan studi S2, Sandiaga mengabdi kembali diperusahaan otomotif tersebut. Namun situasi ekonomi global berkata lain. Terjadi krisis global yang banyak merontokkan perusahaan dunia. Dampak krisis tersebut berimbas pada perusahaan tempatnya bekerja. Ia terkena PHK......berat memang. Namun ia tidak patah semangat. Atas perenungannya, ia mencoba membuka usaha sendiri. Dari mental karyawan menjadi mental enterpreneur. Enterpreneurship mudah diucapkan....akan tetapi butuf effort besar untuk diamalkan.

Akhirnya singkat cerita, dari nol akhirnya ia mampu mengembangkan bisnisnya sendiri yang beromset milyaran. Jika kita belajar darinya ada beberapa langkah yang ia terapkan :
  1. Merenung, usaha apa yang cocok dengan skil dan kompetensinya.
  2. Bersabar dalam meniti langkah sebagai enterpreneur.
  3. Membangun jejaring kerja.
  4. Mau belajar dari pebisnis yang telah sukses.
  5. Mampu mentransformasi diri dan mental.
  6. Mengembangkan bisnis dan tidak cepat puas.
  7. Mengasah intuisi dalam pengambilan keputusan.
  8. Rajin menjalankan ibadah.
Demikian,  semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment